Arsip Blog

Sampingan

Ash Kumar

Anastasia Bodypainting

Cantik ala majalah SEKAR

FanPage

Klub Nova

LINKS

Iklan
Sampingan

Tips meracik henna :

Dalam meracik bubuk henna sama seperti membuat adonan kue kering dan ataupun menguleni adonan clay yang biasa saya bikin. Harus memakai feeling atau insting atau tepatnya ilmu kira-kira.

Menentukan ukuran air jeruk nipis/lemon yang tepat untuk campuran henna sangat sulit, karena tumbuhan henna tumbuh di daerah yang berbeda-beda.
Tergantung lokasi, cuaca, dan kapan daun henna dipetik waktu panennya.
Ukuran air jeruk nipis/lemon yang digunakan bisa bervariasi untuk resep henna yang sama.
Tekstur henna pasta harus halus dan lembut menjadi krim seperti yogurt.  Jika terlalu banyak air jeruk nipis/lemon yang digunakan, pasta bisa terlalu cair dan sulit utk membuat desain yang bagus.
Jika pasta terlalu kental akan sulit untuk memencetnya keluar dari aplicator  (botol/cone).

Saring air jeruk, gula, teh. Saring bubuk henna 1 kali 2kali 3kali.  Tambahkan air jeruk nipis/lemon  1/4 sendok teh, aduk rata. Kemudian tambahkan lagi 1/4 sendok teh, aduk lagi sampai di dapat konsistensi adonan yang diinginkan. Kalau terlalu encer ditambahi bubuk hennanya. Jangan terlalu banyak menambahkan air jeruk, karena kandungannya  ada yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit.
Setelah didapat ulenan

Henna

Henna (Photo credit: angelsk)

pasta dengan konsistensi (ulenan) yang diinginkan, isikan ke dalam aplicator (bisa botol atau cone)

Bubuk henna sensitif terhadap cahaya dan panas, karena merupakan produk organik tanpa pegawet tambahan. Simpan bubuk henna diwadah yang tertutup rapat, kedap udara. Dan jangan lupa  simpan di tempat gelap dan sejuk, hindarkan dari sinar matahari langsung.

 

Tips meracik henna

Sampingan

Resep meracik henna ini didapat dari saat saya tanya jawab ke henna artist Jessica di facebook karena saya tertarik padanya, sepertinya dia familiar sekali dengan melukis henna di perut ibu hamil. Oleh karena itu saya jadi yakin bahwa mengukir henna diperut orang hamil tidak apa-apa.
Karena konon, bila orang hamil memakai henna itu untuk mengusir roh jahat yang mengintai calon bayi tersebut. Jadi seperti mitos ibu-ibu di Indonesia juga barangkali, bila sedang hamil memakai bangle supaya tidak didekati makhluk-makhluk yang jahat-jahat. Yang belum tahu apa itu Bangle , cari yang jual bumbu di pasar tradisional ya? Coba deh perhatikan ibu-ibu hamil yang dibajunya atau dalemannya nyantol bungkusan kecil dipenitiin.

Balik ke resep Baby Belly Henna by Jessica Henna, katanya :
Organic Henna powder
EO Lavender
Lemon Juice ( some are allergic )
Brown / White Sugar
Semua dicampur menjadi adonan yang kenyal kental. Sesuaikan dengan yang kamu inginkan.

Berani mencoba? Silakan ya….

Meracik henna untuk perut hamil

Sampingan

Bangle Mengatasi bebagai masalah tubuh

Bangle bisa dibeli di pasar tradisional dan murah harganya. Bangle mempunyai nama Latin Zingiber cassumunar Roxb. Oleh masyarakat Indonesia biasa dipakai sebagai penangkal energi jahat untuk ibu hamil dan bayi yang baru lahir. Umbi yang wangi ini juga mampu melangsingkan tubuh, meredakan demam, migrain, sakit kuning, cacingan, bahkan nyeri sendi Bangle tumbuh di Asia Selatan, dari India hingga Indonesia.  Kalau di Jawa, bangle ini disebut unin makei ditanam di lahan yang cukup mendapat sinar matahari. Pada tanah yang becek, pertumbuhannya akan terganggu dan rimpangnya cepat busuk.

Tinggi tanamannya sekitar 1-1,5 meter, membentuk rumpun yang padat. Helaian daun berbentuk lonjong, tipis, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, berambut halus, pertulangan menyirip, panjang 23-35 cm, lebar 20-40 mm. Rimpang bangle menjalar dan berdaging, bentuknya hampir bundar sampai jorong atau tidak beraturan, tebalnya 2-5 mm. Permukaan luar tidak rata, berkerut, kadang dengan parut daun, warnanya coklat muda kekuningan, bila dibelah berwarna kuning muda sampai kecoklatan. Rasanya pedas dan pahit.

Bangle mengandung zat-zat kimia berupa sineol, pinen dan seskuitterpen. Rimpang tanaman ini juga mengandung mineral, albuminoid, lemak, getah yang pahit, dan asam-asam organik. Rimpang tanaman ini punya banyak khasiat. Bangle mengandung asam organik yang berkhasiat diantaranya : mengurangi lemak tubuh. Selain itu, air rebusan bangle bersifat hangat dan melapisi dinding usus.

Efek rimpang ini adalah penurun panas, peluruh kentut, peluruh dahak, pembersih darah, pencahar, dan obat cacing. Khasiat rimpang bangle bisa, untuk obat asma dan rematik. Khasiat lainnya, daunnya berguna untuk perangsang nafsu makan. Selain itu untuk obat sakit perut karena berkhasiat membersihkan darah dan sebagai peluruh kentut.

Manfaatkan bangle untuk kerokan ketika bayi susah tidur dan rewel. Caranya, parutan rimpang bangle dibalurkan ke punggung bayi sambil diusap-usap dan ditekan Resep bangle juga untuk gangguan sakit saat buang air kecil.
Air rendaman bangle juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut karena sifatnya hangat seperti jahe. Setelah melahirkan borehkan parutan bangle di perut gunanya untuk mengecilkan perut sehabis melahirkan.

Manfaat untuk penyakit  lainnya :

Sembuhkan Rematik.

Bangle dikompres pada tempat yang sakit. Dan Kompresan minum air rebusan bangle selama 6 bulan. Caranya Rimpang segar secukupnya dicuci lalu diparut, tambahkan arak sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Borehkan ke bagian sendi yang sakit

Hepatitis A.

Dianjurkan mengonsumsi ramuan bangle dicampur temulawak, air gula, dan madu.

Obat Masuk angin.

Ambil 15 g rimpang bangle segar cuci lalu parut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk merata lalu peras dan saring. Minum 2 kali sehari.

Perut Mules.

Ambil setengah jari tangan rimpang bangle, rimpang jahe, kencur dan lempuyang wangi, cuci bersih, lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Saring, minum ketika dingin.

Sakit Kepala.

Rimpang segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilus pada dahi.

Sakit Kuning

Setengah jari rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Cacingan

Tiga jari rimpang bangle, 2 jari temu hitam, 5 biji ketumbar, dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci lalu diiris tipis-tipis kemudian ditumbuk halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak, aduk merata. Setelah diperas dan disaring, ramuan bisa diminum.

Mengurangi Lemak tubuh

Rimpang bangle dan rimpang temu hitam masing-masing 1/2 jari tangan, dicuci lalu diparut. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu, aduk merata sambil diremas-remas. Peras dan saring, minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Diambil dari : Berbagai Sumber

Khasiat tanaman apotik hidup, bangle

Sampingan

Prem Dulhan adalah salah satu pabrikan henna mehendi di India, yang memproduksi bubuk dan pasta henna untuk bodypainting dan henna untuk rambut.
Cara meracik henna bodypainting menjadi pasta yang paling sederhana dan praktis:

Tuang sebungkus bubuk henna ke dalam mangkok. Cari mangkok yang tidak terbuat dari bahan metal.
Tambahkan air secukupnya, hingga menjadi adonan yang pas, tidak kental dan tidak encer.
Diamkan kira-kira 1jam lamanya.
Setelah itu baru bisa diaplikasikan ke kulit tangan atau kaki dengan desain ukiran yang diingini. Biarkan selama minimal 2-3jam, setelah kering lalu bilas dengan air mengalir. Bila ingin meninggalkan warna lebih pekat, diamkan sampai pasta yang menempel dikulit tadi mengelupas dengan sendirinya, baru bersihkan dengan air mengalir. Jangan disabunin ya.

Prem Dulhan is one manufacturer of henna mehendi in India, which produces powder and henna paste for Bodypainting and henna for hair.
How to mix henna paste Bodypainting be the most simple and practice:

Pour a sachet of henna powder into a bowl. Find a bowl that is not made ​​of metal.
Add water as needed, until the dough right, not thick and not thin.
Let keep at least about for 1 hour.
After that could be applied to the skin of the hands or feet by drawing your designs. Let keep for at least 2-3hours, after dry and then wash with running water. If you want to leave the color more intense, let keep until the pasta was peeled off by itself, then wash with running water. Don’t soap.

Meracik Henna Pasta Prem Dulhan