bisnis kue kering saat ramadhan

Standar

Persiapan untuk ibu2 yg akan ber bisnis kue kering kuker saat ramadhan menjelang lebaran jadi hari Sabtu saya bersama wanita2 super latihan bareng membuat aneka kue kering kuker lebaran yg biasanya pasti ramai pesanan. Bahkan diawal puasa pun keluarga sudah disibukkan dengan pemilihan: apa yang akan disajikan disaat hari Kemenangan tiba nanti. Wanita kreatif dalam berbisnis daya penciumannya bisa tajam kala ada moment special seperti Valentine, Kemerdekaan, Hari Ibu, Hari2 Raya agama yg selalu happening adalah saat Natal dan Idul Fitri dan perayaan lainnya yang musiman.

Incaran setiap keluarga adalah makanan & minuman, dan cemilan kue kering mendapat tempat teratas permintaannya.
Nastar, Kastengel, Kue sagu keju, chocochip, Lidah kucing, kukis ( jaman saya kecil bilangnya kue bakar, paling senang bantu bikinnya ) itu paling dahsyat peminatnya selain kue-kue andalan khas didaerah2 tertentu, seperti kue satu, akar kelapa, kembang goyang, dodol, tape uli dan ketupat dan kue modern seperti bolu gulung, red velvet, makaroni, macaroon dll.

Latihan bareng membuat aneka kue kering ini untuk memacu dan mensupport teman-teman yang (HARUS) menemukan kesempatan mendapuk uang di moment panen orderan nanti. Jauh-jauh hari sebelum ramadhan sudah dibekali ilmunya, dipraktekan dirumah seraya menemukan kesalahan dan memperbaikinya, pasang status dimedia sosial internet (jangan update galaw terus dong), daaan siap-siap terima orderan selama bulan puasa yaaa.

Menjadi womanpreneur dari sebuah dapur bisa sampai terbang keliling dunia. Menjadi womanpreneur tidak harus berpakaian trendy duduk manis dibelakang meja kantor. Menjadi womanpreneur tidak ditandai dengan meninggalkan rumah setiap hari untuk bekerjanya.

Latihan bareng membuat aneka kue kering yang kami kerjakan ada 5 yaitu: nastar, kastangel, kue sagu keju, chocochip, lidah kucing rainbow. Mengerjakannya sejak awal proses pembuatan dari pengenalan bahan-bahannya, ukuran pemakaian, cara mengolah dan tipsnya, hingga belajar soal HPP soal Menghitung Harga Pokok Penjualan. Isinya diantaranya harga bahan utama pembuatan kuenya ditambah biaya gas+listrik ditambah wadahnya ditambah penunjang kemasannya ( selotip+kertas alas+silicagel+stiker ) ditambah memberikan harga tenaga kerja yang membuatnya entah diri-sendiri atau asisten secara layak. Semua dijumlah. Lalu ditentukan berapa persen dari itu yg akan kita jual. Rata-rata ditambahkan 30% – 70% untuk dijualnya. Bukan hanya menjumlah total uang yg sudah dikeluarkan untuk membeli semua bahannya lalu dibagi hasil kue yg diperoleh.
Contohnya Nastar dengan HPP Rp 39.112 bisa dijual dengan harga Rp 65.000. Merasa kemahalan? Buatlah dengan bahan-bahan berkualitas terbaik sesuai taste lidah orang Indonesia agar menghasilkan rasa yang enak, penampilan menarik, dan membuatnya dengan cinta. Merasakan pembelinya ketagihan? Rangkul jadi pelanggan setia.

Dalam membuat nastar juga ada beberapa tips yg pantas ditiru. Penggunaan nanas sebaiknya nanas palembang karena kadar airnya tidak banyak. Saat memasak nanas pun gula tidak dimasukkan bersamaan sebab akan menimbulkan letupan2 saat proses memasaknya. (?). Saat memulung adonan, diajarkan pula memulung dalam 2bola sekaligus agar menghemat waktu pengerjaan.

Saya iseng-iseng menambahkan beberapa pentolan untuk mata, telinga dan hidung. Taraaaang jadi deh nastar boneka walau samar2 bentuknya karena tidak ada perbedaan warna.
Jadi nanti yg saya buat adalah nastar lucu fancy nastar nastar fun bukan nastar biasa….. Kapan? Follow me @tuqula yak?

Anastasia body painting henna phoenix tattoo bikin kue kering nastar

Anastasia body painting henna phoenix tattoo belajar bikin kuker lidah kucing

Anastasia body painting henna phoenix tattoo kuker lebaran nastar

Anastasia body painting henna phoenix tattoo kuker lidah kucing

what is your opinion? tell me please

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s