Macam-macam Bodypainting

Standar

BODY PAINTING secara awam orang-orang Indonesia khususnya orang di Jakarta langsung nyeletuk: tato ya? Dengan pengetahuan minim ala kadarnya sok tau dan stereotip menghujat haram. Hhh.
BODY PAINTING terdiri dari 2 kata BODY dan PAINTING kalau ditukar ke dalam bahasa Indonesia menjadi BADAN dan MELUKIS. Iya melukis badan, itu pengertiannya.

Bodypainting ada 2, yakni Permanen dan Nonpermanen / Temporary.

Permanen, dikenal dengan tato adalah melukis tubuh dengan menggunakan jarum sebagai mediator memasukkan tinta khusus kulit ke dalam kulit luar, terbaiknya adalah 3lapisan kulit. Hati-hati akan kebersihan, higienis dan sterilnya bila ingin menorehkan tatto / rajah dikulit anda. Pilih tempat studio / toko yang mempunyai standar higienisnya dan cek cara kerja artist tattoonya. Bila studionya dan pekerjanya masuk dalam kategori standar steril dan higienis, dan diperbolehkan konsultasi demi mendapatkan informasi sampai jelas dan puas maka tak usah ragu.

Nonpermanen / Temporary
ada beberapa kategorinya yaitu:

* Bodypainting yang menggunakan cat khusus kulit krim dan padat. Dilukiskan diseluruh kulit tubuh. Hasil sapuan catnya bisa dihapus dengan menggunakan tisu basah dan hanya bertahan beberapa saat saja.

* Facepainting yang menggunakan cat krim dan padat. Dilukiskan diseluruh wajah. Hasil sapuan catnya bisa dihapus dengan menggunaan tisu basah dan hanya bertahan beberapa saat saja. Bisa juga dengan memakai alat kosmetik biasa, namun tentu saja mendapatkan hasil yang berbeda.

* Henna Mehendi yang menggunakan bahan dasar daun pacar atau lawsonia inermis yang diracik dengan campurannya, seperti kayu putih-teh hitam-minyak esensial-air jeruk-gula. Hasil warnanya adalah coklat. Bisa bertahan sampai 10hari tergantung suhu tubuh si pemakai. Dan beberapa saat telah mengalami perkembangan produknya yang bisa diaplikasikan dengan berbagai warna. Lukis Henna adalah salah satu adat budaya tertua didunia termasuk di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia memakaikan henna pada calon pengantin pada malam sebelum menika: daerah Aceh, Minang, Palembang, Riau, Lampung, Betawi, Makasar.

* Temporer Tato yang memakai cat tinta berwarna hitam, hijau, biru, merah muda, marun, oranye.
Temporer tato pun ada 2 cara yang dipakai yaitu Tato Temporer Lukis dan Tato Temporer Airbrush. Yang keduanya sama-sama hanya bertahan maksimal sampai 2 minggu.
CATATAN : Banyak sekali orang mengira bahwa tato temporer bisa bertahan sampai 3 bulan atau bahkan 1 tahun lebih. Agar berhati-hati!!! Karena proses yang dilakukan adalah sangat berbahaya. Sangat tidak disarankan memakai tato temporer yang lebih dari 2 minggu.

Nah, sekarang pilihan kamu yang mana?

6 responses »

what is your opinion? tell me please

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s